Silahkan klik pada link berikut ini untuk mengakses Struktur Organisasi DI Universitas Darussalam Gontor:

http://bit.ly/StrukturUnidaGontor

SISTEM TATA PAMONG DAN TUGAS POKOK FUNGSI DI PRODI TEKNIK INFORMATIKA

 

A. TATA PAMONG

1.     Gugus Mutu Program Studi

:

Triana Harmini, M.Pd

2.     Ketua Program Studi

:

Dihin Muriyatmoko, S.ST, MT

3.     Sekretaris Program Studi

:

Triana Harmini, M.Pd.

4.     Kepala Administrasi dan Keuangan

:

Nungki Dwi Prastanti, S.Pd

5.     Kepala Laboratorium

   

a.     Sains Data

:

Dihin Muriyatmoko, S.ST, MT (Siman)

Anisa Dzulkarnain, M.Kom (Mantingan)

b.     Sistem Cerdas

:

Oddy Virgantara Putra, S.Kom, MT (Siman) 

Widya Kurniawan, M.Kom (Mantingan)

c.      Pengembangan Perangkat Lunak

:

Aziz Musthafa, S.Kom, MT (Siman)

Hanifatus Sa’diyah Widihasaniputri, M.Kom (Mantingan)

6.     Bidang Akademik

:

Aziz Musthafa, S.Kom, MT

7.     Bidang Kemahasiswaan dan Alumni

:

Widya Kurniawan, M.Kom (Siman)
Hanifatus Sa’diyah Widihasaniputri, M.Kom (Mantingan)

8.     Laboran

:

Asisten (Siman dan Mantingan)

a.      Kampus Siman

b.     Kampus Mantingan

  Akhmad Trisna Wijaya, S.Kom
Yesicha Septianti, S.Pd.

9.     Asisten Praktikum

:

Mahasiswa Senior (Siman dan Mantingan)

10.  Pembimbing Kelompok Studi Mahasiswa

   

a.       Pembimbing Kelompok Studi Bengkel TI

:

Lukman Effendi, Skom, M.Kom

b.       Pembimbing Kelompok Studi KSL Dragon

:

Oddy Virgantara Putra, S.Kom, MT

c.       Pembimbing Kelompok Studi DAWET

:

Aziz Musthafa, S.Kom, MT

d.       Pembimbing Kelompok Studi IT Centre

:

Resi Utami Putri, S.Kom, M.Cs (Mantingan)

e.       Pembimbing Kelompok Studi AMOLED

:

Dihin Muriyatmoko, S.ST, MT

11.  Pembimbing PKL

:

Semua Dosen

12.  Dosen Pembimbing Skripsi

:

Semua Dosen

13.  Dosen Pembimbing Akademik / Wali

:

Semua Dosen

14.  Koordinator Islamisasi

:

Taqiyuddin, S.Th.I, M.Ag (Siman)
Hanifatus Sa’diyah Widihasaniputri, M.Kom (Mantingan)

15.  Muhasin Tahfidz

:

Faisal Reza Pradhana, M.Kom
(Siman semester 1 dan 2)
Aziz Musthafa, S.Kom, M.T.
(Siman Semester 3 dan 4)
Lukman Effendi, M.Kom.
(Siman Semester 5 dan 6)
Dihin Muriyatmoko, S.ST, M.T.
(Siman semester 7 dan 8)
Resi Utami Putri, S.Kom, M.Cs
(Mantingan semester 1 dan 2)
Anisa Dzulkarnain, M.Kom
(Mantingan semester 3 dan 4)
Hanifatus Sa’diyah Widihasaniputri, M.Kom
(Mantingan semester 5 dan 6)
Widya Kurniawan, M.Kom
(Mantingan semester 7 dan 8)

B. STRUKTUR ORGANISASI

C. TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  • Gugus Mutu Prodi
  1. Menyusun laporan monitoring dan evaluasi dokumen pembelajaran seperti : daftar hadir, jurnal perkuliahan, nilai, sarana dan prasarana
  2. Bersama kaprodi melakukan evaluasi dan monitoring beban kinerja dosen (BKD)
  3. Melakukan evaluasi proses pembelajaran dan umpan balik layanan program studi
  4. Melakukan umpan balik terhadap dosen, mahasiswa, alumni, dan pengguna alumni (Tracer Studi)
  5. Menyiapkan dokumen Audit Mutu Internal (AMI) Prodi
  6. Menyiapkan dokumen Akreditasi Program studi

 

  • Ketua Program Studi
  1. Menyusun dan melaksanakan Kurikulum.
  2. Menyusun dan melaksanakan Rencana Strategis program studi.
  3. Menyusun dan menyampaikan Program Kerja, Anggaran (RKAT) dan Laporan Tahunan program studi studi kepada dekan.
  4. Mengarahkan dan mengevaluasi kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan dan kerjasama pada lingkup program studi.
  5. Mengevaluasi (EKD (kriteria mengikuti serdos), BKD dan LKD) dan tenaga kependidikan pada tingkat program studi
  6. Menginisiasi kerjasama prodi dalam bidang Tri Dharma perguruan tinggi
  7. Mewakili program studi dalam rapat-rapat dinas di tingkat Fakultas atau Universitas.
  8. Mengawasi dan mengevaluasi aktifitas Laboratorium

 

  • Sekretaris Program Studi
  1. Membantu pelaksanaan tugas pokok ketua program studi.
  2. Mengkoordinasi mahasiswa yang menyelesaikan tugas akhir dengan Dosen Pembimbing untuk kelancaran tugas akademik.
  3. Mengkoordinasi mahasiswa dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) / Magang
  4. Mewakili program studi saat ketua program studi berhalangan.
  5. Mengelola HKI program studi dan berkoordinasi dengan kepala laboratoium dan pembimbing kelompok studi mahasiswa

 

  • Kepala Administrasi dan Keuangan
  1. Merancang dan menyelenggarakan sistem kearsipan dan SIAKAD program studi (surat menyurat, KRS, KHS, Nilai, transkrip, entri data pembimbing skripsi, Dosen Pembimbing Akademik (DPA))
  2. Menyusun laporan keuangan kegiatan program studi.
  3. Mengkoordinasikan laporan kegiatan program studi dengan kaprodi dan sekprodi.
  4. Melakukan inventarisasi semua aset dan buku program studi.
  5. Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan kepada ketua program studi, dekan, staf keuangan, WR2 dan Lembaga yang terkait.
  6. Menyiapkan kesediaan sarana dan prasarana (jurnal mengajar, daftar hadir) yang mendukung belajar mengajar.
  7. Bertanggungjawab terhadap seluruh operasional harian program studi (ATK, Konsumsi rapat harian, mingguan dan bulanan).
  8. Penanggungjawab NINA dan Transkrip mahasiswa

 

  • Kepala Laboratorium (Tridharma)
  1. Bertugas mewajibkan setiap dosen yang belum berafiliasi ke laboratorium kedalam salah satu Laboratorium
  2. Tugas Akademik / Pendidikan Laboratorium
    1. Merumuskan Capaian Pembelajaran (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) prodi untuk ranah (1) Pengetahuan, dan (2) Ketrampilan Khusus berdasarkan KKNI dan OBE
    2. Menyusun Kelengkapan Kurikulum (Silabus, RPS, Rubrik, Rancangan Tugas dan Bahan Kajian Pembelajaran, Buku) dari hasil penelitian dan pengabdian masyarakat
    3. Mengkoordinasikan dan menyediakan semua hal yang berhubungan dengan bidang, tema dan topik Proposal Skripsi maupun Tugas Akhir/Skripsi: Pohon Penelitian, Ujian proposal, ujian seminar hasil skripsi dan dosen penguji
    4. Mengelola file hasil skripsi, termasuk kode program dan file buku skripsi serta mempublikasikan pada domain dan hosting khusus kampus (server misalnya informatika.unida.gontor.ac.id/skripsi/Angkatan…)
    5. Memilih dan mengusulkan dosen pengampu mata kuliah: Mata kuliah laboratorium, dosen anggota lab, dosen lab lain dan tutorial
    6. Melaksanakan weekly meeting / Zemi/ Kamisan sebagai sarana diskusi Bersama untuk mengupdate dosen dan mahasiswa dengan perkembangan terkini
    7. Memberikan tema dan ide untuk peningkatan kompetensi dan kompetisi mahasiswa seperti Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), lomba Gemastik dan kompetisi lain
    8. Memberikan saran, ide dan tema KKN mahasiswa
    9. Memberikan daftar dan rekomendasi tempat magang/PKL mahasiswa yang sesuai visi dan misi program studi
  3. Tugas Penelitian / Publikasi Laboratorium
    1. Menyusun pohon penelitian untuk memudahkan mahasiswa dalam skripsi
    2. Menyusun KPI (key performance index) Publikasi,
    3. Berkoordinasi dengan dosen anggota Laboratorium
    4. Menyusun jadwal kegitan dan aktifitas Laboratorium dengan dosen anggota:
    5. Merencanakan publikasi dengan mahasiswa: Jumlah paper jurnal/prosiding, sitasi, proposal, dana riset, dan KPI lain serta forum riset, conference, Kerjasama riset, HKI, mahasiswa asisten lab
  4. Tugas Pengabdian kepada Masyarakat (Bisnis dan Proyek)
    1. Menyusun dan memanfaatkan hasil Laboratorium untuk revenue generate
    2. Menyusun dan memanfaatkan hasil Laboratorium untuk CSR kampus dan Hibah Dikti maupun dari dana lainnya
    3. Melaksanakan Kerjasama dengan pihak luar: antar lab dan antar kampus, pemerintah dan komunitas
    4. Melaksanakan promosi kampus (bazar, brosur, video profil)
    5. Menjadikan Laboratorium sebagai pusat studi untuk unggulan kampus
  5. Bertanggung jawab terhadap inventaris alat dan bahan laboratorium bersama laboran
  6. Menyusun rencana dan program kerja dengan dosen sebidang
  7. Menjalin Kerjasama riset dengan pihak luar
  8. Mengkoordinir, mengatur dan mempersiapkan penggunaan laboratorium untuk praktikum dan penelitian dengan laboran
  9. Menyusun petunjuk teknis (SOP) penggunaan laboratorium
  10. Menyusun rencana pengadaan, perawatan peralatan laboratorium, berupa :
    1. Mengajukan usulan bahan dan alat yang dibutuhkan tiap semester kepada Dekan melalui Ketua Program Studi;
    2. Melaporkan kerusakan, kehilangan dan kekurangan-kekurangan fasilitas yang berada dibawah tanggung jawab Kepala Laboratorium kepada Ketua Program Studi
  11. Menyusun laporan pengelolaan laboratorium secara periodik
  12. Menentukan asisten praktikum dari masing-masing Laboratorium

 

  • Bidang Akademik
  1. Menyusun jadwal perkuliahan program studi dengan koordinasi kaprodi dan sekprodi.
  2. Mendistribusikan sebaran mata kuliah sesuai dengan kompetensi dosen.
  3. Melakukan koordinasi fungsional dengan unit akademik fakultas/universitas.
  4. Mengkoordinasi dosen dalam penyusunan RPS
  5. Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan kepada ketua program studi.

 

  • Bidang Kemahasiswaan dan Alumni
  1. Merencanakan, melaksanakan, mengembangkan, dan melakukan evaluasi kegiatan kemahasiswaan pada lingkup program studi.
  2. Melakukan pembinaan non akademik mahasiswa dalam lingkup program studi.
  3. Melakukan usaha peningkatan dan pengembangan minat, bakat, dan penalaran mahasiswa dalam lingkup program studi.
  4. Membimbing dan memantau kegiatan kelembagaan mahasiswa prodi (Himatif dan kelompok studi)
  5. Melakukan koordinasi dengan Pengurus Ikatan Alumni (IKATI) UNIDA Gontor.
  6. Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan kepada ketua program studi.
  7. Melaksanakan dan mengoordinasikan kegiatan tracer studi
  8. Mengelola website Program Studi

 

  • Laboran
  1. Membantu pelaksanaan persiapan Laboratorium tiap semester dibawah petunjuk dan pengarahan Kepala Laboratorium.
  2. Melaksanakan rekutmen asisten praktikum dan penjadwalan penggunaan laboratorium
  3. Mempersiapkan alat dan bahan praktikum di Laboratorium masing-masing sesuai kebutuhan praktikum yang dikoordinasikan dengan Kepala Laboratorium.
  4. Membuat berita acara untuk setiap kerusakan/keurangan/kehilangan alat-alat praktikum dan melaporkan ke Kepala Laboratorium
  5. Mendampingi dosen dan asisten dosen praktikum dalam membantu pelaksanaan praktikum
  6. Merawat, menjaga dan menginventarisasi peralatan laboratorium.
  7. Melakukan kearsipan kegiatan laboratorium
  8. Monitoring daftar hadir kegiatan praktikum
  9. Melakukan maintenance rutin terhadap alat-alat praktikum
  10. Menjaga kebersihan ruangan

 

  • Asisten Praktikum
  1. Membantu dosen dalam menjalankan kegiatan praktikum
  2. Memeriksa, menilai, merekap laporan praktikum mahasiswa dan melaporkan kepada dosen pengampu
  3. Mengawasi jalannya praktikum dan bertanggungjawab terhadap ketertiban dan kelancaran praktikum
  4. Menjaga kebersihan ruangan
  5. Merawat dan menjaga peralatan laboratorium

 

  • Pembimbing PKL/Magang
  1. Menyerahkan mahasiswa PKL ke instansi tujuan
  2. Membimbing mahasiswa PKL
  3. Memonitor pelaksanaan PKL di instansi tujuan
  4. Melaksanakan komunikasi dan koordinasi dengan pembimbing lapangan PKL
  5. Melaksanakan penarikan kembali mahasiswa PKL
  6. Mengelola laporan, presentasi dan mengevaluasi (nilai) mahasiswa PKL

 

  • Pembimbing Kelompok Studi Mahasiswa
  1. Membimbing mahasiswa untuk menyusun program kerja dan kegiatan untuk meningkatkan kualitas keilmuan kelompok studi sesuai perkembangan zaman
  2. Mengawasi kegiatan sesuai keilmuan kelompok studi untuk peningkatan kualitas kelompok studi dan promosi prodi
  3. Melaksanakan kegiatan kompetisi mahasiswa seperti PKM (program kreatifitas mahasiswa), Gemastik dan lomba lain atas saran dari kepala laboratorium
  4. Mambantu pelaksanaan kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat prodi atas rekomendasi dari kepala laboratorium

 

  • Pembimbing Skripsi
  1. Mengarahkan, memberikan bimbingan, pengawasan terutama pada substansi keilmuan yang diperlukan oleh mahasiswa berdasarkan bidang penelitiannya;
  2. Menunjukkan dan memberikan informasi ilmiah yang mutakhir sesuai disiplin ilmu masing-masing dalam bentuk Jurnal Ilmiah atau literartur;
  3. Memberikan arahan dan bimbingan yang dapat meningkatkan kedisiplinan, kelancaran dan ketepatan waktu dalam penyusunan skripsi;
  4. Memberikan persetujuan dan kesanggupan lisan dan tertulis dalam kegiatan bimbingan skripsi, khususnya untuk topik penelitian skripsi;
  5. Memberikan persetujuan dan kesanggupan dalam melakukan kegiatan ujian proposal, dan ujian akhir skripsi;
  6. Memberikan penilaian secara obyektif pada substansi ilmu dan metodologi yang digunakan dalam penelitian;
  7. Memberikan kebijakan baik berupa peringatan maupun sanksi akademik yang bersifat mendidik jika diperlukan;
  8. Melakukan pemantauan dan memberikan laporan tentang kemajuan pelaksanaan skripsi mahasiswa kepada ketua program studi.

 

  • Dosen Pembimbing Akademik/ Dosen Wali
  1. Setiap dosen wali wajib menjadi salah satu pembimbing skripsi
  2. Membantu setiap mahasiswa mengembangkan kemampuannya agar dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik dan tepat waktu
  3. Setiap dosen wali bertugas memantau perkembangan studi mahasiswa sejak semester awal hingga mahasiswa dinyatakan lulus.
  4. Setiap awal semester mahasiswa harus menyusun rencana studinya bersama dosen wali, rencana studi tersebut dituangkan dalan Kartu Rencana Studi (KRS) online.
  5. Mahasiswa berhak mendapatkan bimbingan Dosen Pembimbing Akademik dalam hal mendapatkan informasi tentang program pendidikan selama masih di UNIDA, pengarahan dalam Menyusun rencana studi untuk semester yang akan berlangsung dan bantuan dalam memecahkan berbagai masalah khususnya menyangkut akademik.
  6. Dosen Pembimbing Akademik melakukan approve atau menghapus materi-materi di KRS pada materi yang di ambil di semester yang akan berlangsung
  7. Menampung masalah akademik yang dihadapi mahasiswa bimbingannya dan turut berusaha mancarikan cara pemecahannya.
  8. Menghadiri rapat dosen Pembimbing Akademik yang diselenggarakan oleh UNIDA Gontor.
  9. Membina dan mengarahkan mahasiswa agar dapat mempunyai sikap akademik dan kebiasaan belajar yang baik dalam rangka mengembangkan kebebasan dan kemandirian akademik sesuai dengan bidang ilmu yang ditempuhnya.
  10. Memberikan penjelasan kepada mahasiswa tentang:
    1. Sistem Pendidikan Tinggi,
    2. Etika Berkehidupan di Kampus,
    3. Sistem Kredit Semester,
    4. Kurikulum dan peminatan studi,
    5. Cara mengisi Kartu Rencana Studi (KRS), dan
    6. Kebijaksanaan studi yaitu memberikan pertimbangan mata
    7. kuliah dan beban studi yang dapat diambil,
    8. Cara belajar yang baik, dan
    9. Manajemen waktu yang tepat.
  11. Sepanjang semester, memantau, memotivasi dan membimbing mahasiswa demi kelancaran studinya serta membantu memecahkan masalah yang dihadapi mahasiswa baik yang bersifat akademik maupun non akademik yang diperkirakan dapat mengganggu pencapaian keberhasilan studi.
  12. Memperhatikan kode etik dosen dalam proses pembimbingan;
  13. Memelihara administrasi dan data pembimbingan akademik (kartu bimbingan, data akademik mahasiswa, dll); dan
  14. Memberikan informasi tentang jumlah SKS dan kurikulum serta tugas-tugas yang harus diselesaikan selama kuliah;
  15. Memberikan bimbingan cara belajar yang efektif di perguruan tinggi sesuai dengan pengalamannya sendiri;
  16. Mendeteksi sedini mungkin masalah yang dihadapi oleh mahasiswa baik masalah akedemik maupun non akedemik;
  17. Membantu memecahkan masalah yang sedang dihadapi oleh mahasiswa bimbingannya; dan
  18. Menjembatani atau sebagai mediator antara mahasiswa dengan pimpinan kampus, dan antara mahasiswa dengan orang tua mahasiswa kalau dipandang perlu.

 

  • Koordinator Islamisasi
  1. Menyusun materi islamisasi untuk bahan kajian program studi
  2. Mengelola materi islamisasi mahasiswa
  3. Mengawasi proses kajian rutin islmisasi mahasiswa
  4. Berkoordinasi dengan Pusat Islamisasi Universitas untuk pengembangan keilmuan dan kegiatan islamisasi dosen dan mahasiswa

 

  • Muhasin Mahasiswa
  1. Membantu mahasiswa yang kesulitan hafalan Al-Qur’an
  2. Mengelola setoran hafalan Al-Qur’an
  3. Berkoordinasi dengan Pusat Islamisasi Universitas untuk pengembangan
Close Menu