Generasi Z dan Teknologi

Dewasa ini kita memasuki era dunia digital yang didominasi oleh Genarasi Milenial atau Generasi Z, apa yang anda ketahui tentang generasi Z?
Generasi Z adalah generasi setelah milenial yang terlahir setelah tahun 1996. Pada 2020, diperkirakan, generasi Z akan menjadi 20 persen dari total pekerja di dunia. Sebuah fakta yang mau tidak mau harus kita hadapi.

Menurut studi yang dilakukan Dell EMC Indonesia, sebanyak 94 persen generasi Z Indonesia ingin menggunakan teknologi paling canggih saat bekerja. Hal tersebut didasarkan dengan kebiasaan mereka mengkonsumsi media teknologi canggih sejak masa kecil mereka. Dan lebih mengejutkannya lagi angka ini lebih tinggi dari rata-rata di Asia Tenggara (90 persen) ataupun global (80 persen)

Bagan Kehidupan Remaja Generasi Z

Tingginya ketertarikan generasi Z untuk menggunakan teknologi paling canggih akan mendorong pelaku bisnis ke era digital, namun hal ini akan memperbesar kesenjangan yang ada antara lima generasi di tempat kerja, dimana para generasi sebelum Z akan merasa kewalahan dalam segi penggunaan teknologi terbaru yang semakin canggih.

Pemuda Milenial dan Teknologi

Hal ini menyebabkan perusahaan harus mengutamakan teknologi canggih untuk bisa menarik generasi muda. Sementara bagi para lembaga pendidikan harus bisa mengintegrasikan kecerdasan buatan dan teknologi lain ke dalam metode pembelajaran.Walaupun para generasi Z yakin bahwa kemampuan mereka terkait teknologi cukup mumpuni, tapi mereka justru merasa tidak yakin dengan kemampuan non-teknis mereka. Solusi yang bisa diberikan oleh perusahaan adalah menyediakan program magang untuk mematangkan kemampuan dan membentuk rasa percaya diri pada generasi Z.

Sekolah dan lembaga pendidikan juga harus bisa mengajarkan generasi Z tentang cara berpikir kritis serta mendorong kreativitas mereka. dimulai dengan memperbaiki sistem pembelajaran dengan teknologi media ajar yang lebih modern dan sesuai yang dibutuhkan.

Lalu apakah kamu termasuk bagian dari Generasi Z tersebut? siapkah kamu untuk menghadapi dunia kerja di era digital sekarang ini?

Berita terkait:

teknologi it ini akan mempengaruhi dunia pendidikan di masa depan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.